Mentoring dalam Budaya Indonesia


Patung Tokoh Punakawan (Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong)
Ilustrasi Mentoring di Indonesia: Patung Tokoh Punakawan

Apakah Anda pernah mengikuti proses mentoring sebelumnya? Banyak orang yang menjalaninya belum tentu sadar bahwa mereka sedang melalui proses mentoring. Mungkin ada faktor dimana indikator-indikator proses mentoring yang kurang signifikan. Mungkin juga karena istilah mentoring belum teralu dikenal oleh banyak orang Indonesia. Walaupun istilah mentoring berasal dari mitologi Yunani, proses mentoring itu bukanlah suatu hal yang asing bagi masyarakat Indonesia karena proses tersebut sudah biasa ditemukan di budaya Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh proses mentoring dalam konteks budaya Indonesia.

Panakawan dalam Pewayangan Sunda

Panakawan atau Punakawan merupakan sebutan umum untuk tokoh pengikut para kesatria dalam pewayangan Jawa. Salah satu tokoh utama punakawan dalam pewayangan Jawa adalah Semar. Semar diceritakan sebagai seorang penasihat dan pengasuh bagi para kesatria dalam cerita Mahabhrata dan Ramayana dari India. Walaupun istilah mentor sendiri tidak muncul dalam cerita tersebut, karakter seorang Semar menampilkan karakteristik-karakteristik seorang mentor.

Surau dalam Kebudayaan Minangkabau

Surau memegang peran yang sangat penting dalam struktur sosial masyarakat di dalam kebudayaan Minangkabau. Surau menjadi tempat berkumpul anak laki-laki yang sudah mendekati masa remaja, dimana mereka akan mulai belajar mengaji, budaya/adat, bela diri (pencak silat), dan kesenian Minangkabau. Di tempat tersebut, mereka didampingi oleh para ulama yang ada di tempat itu. Mereka berperan sebegai tokoh yang menyalurkan pengetahuan dan kebijaksanaannya kepada generasi muda.

Contoh-contoh di atas hanyalah sedikit contoh adanya mentoring di dalam konteks kebudayaan Indonesia. Tetapi, sesungguhnya masih ada banyak contoh di mana mentoring itu terjadi di dalam konteks budaya Indonesia. Di kedua contoh di atas, kita bisa lihat bahwa istilah mentoring memang mungkin belum teralu sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, tapi proses tersebut ada dan pernah terjadi. Terjadi sebuah pertukaran pikiran dan penyaluran pengetahuan dari dua belah pihak, di mana individu yang lebih berpengalaman berperan sebagai penasihat atau pembimbing kepada individu yang beraspirasi untuk mendapatkan ilmu.

Dengan adanya budaya mentoring di dalam komunitas Indonesia, mentoring bisa menjadi sebuah proses yang memegang peran penting dalam pengembangan diri pemimpin=pemimpin Indonesia. Mentoring memelihara hubungan antara generasi lama dan generasi baru. Mentoring menjamin adanya pertukaran pikiran dan ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi. Rumah Mentor Indonesia merupakan sebuah perkumpulan yang menghubungi para pemimpin ternama di Indonesia dengan generasi pemimpin baru.

43 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua