Apa Itu Mentoring?

Diperbarui: 20 Jul 2020




Mentoring merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi di zaman modern ini. Mentoring adalah saat seorang individu yang beraspirasi menjadi pemimpin kelas dunia (mentee) belajar dari seseorang (mentor) yang merupakan ahli dalam bidangnya dan mempunyai pengalaman yang belum dimiliki oleh sang mentee.


Asal-Usul Kata Mentoring

Mentoring berasal dari kata mentor, yang bisa diartikan sebagai seorang penasihat atau pembimbing yang mempunyai pengalaman di bidangnya dan dapat memberi nasihat dan pengetahuan yang bijaksana. Kata ‘mentor’ sendiri sebenarnya terinspirasi oleh karakter ‘Mentor’ dari cerita Odyssey yang ditulis oleh Homer. Mentor dalam cerita ini merupakan teman dari Odysseus, raja Itaca. Saat Odysseus pergi berperang dalam perang trojan, Odysseus meninggalkan anaknya, Telemachus, bersama Mentor yang dia yakini bisa membimbing Telemachus. Tetapi peran seorang mentor di cerita ini terdapat dalam karakter Athena, yang menyamar sebagai karakter Mentor. Athena, dewi kebijaksanaan dalam mitologi Yunani, membimbing Telemachus selama Odysseus pergi berperang. Selama masa tersebut, Athena memberikan pengetahuan dan nasihat kepada Telemachus untuk dapat menghadapi tantangan untuk melindungi kerajaan Itaca. Peran Athena dalam cerita inilah yang menjadi definisi mentor di dunia modern ini.


Pemimpin-pemimpin di masa kini sekarang sering menemukan dirinya terpikat oleh suatu tantangan yang mereka belum pernah hadapi sebelumnya. Belajar dari seorang yang lebih berpengalaman bukanlah hal yang asing bagi orang-orang. Seumur hidup kita, kita belajar dari orang yang lebih berumur atau lebih berpengalaman. Dari kecil, kita belajar berbicara, berjalan, dan bertingkah laku dari orang tua kita. Di sekolah, kita belajar mengenai ilmu pengetahuan dari guru-guru kita. Jadi apa yang membedakan mentoring dengan proses belajar kita selama ini?


Mentoring berfokus kepada pengembangan karir dan diri yang menyeluruh. Suatu hubungan mentoring berbasis kepada pertukaran pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan niat baik. Seperti Athena yang membimbing Telemachus selama perjalanan hidupnya, seorang mentor memiliki niat baik untuk membagikan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi baru. Seorang mentor juga terbuka kepada pengetahuan atau pembelajaran baru yang mungkin dia dapat dari seorang mentee. Oleh karena itu, mentoring merupakan metode pengembangan diri yang efektif, baik untuk mentor dan mentee.


Mentoring adalah proses yang diminati oleh banyak pemimpin masa kini. Ada juga individu yang memiliki pengetahuan dan pengalaman berlimpah dan ingin membagikan hal tersebut ke generasi baru. Di sini, terdapat sebuah kesenjangan di antara generasi lama dan generasi baru. Oleh karena itu, perlu adanya jembatan antar generasi yang dapat menjembatani kesenjangan tersebut. Rumah Mentor Indonesia merupakan sebuah perkumpulan yang menyediakan program mentoring bersama dengan mentor-mentor berpengalaman di Indonesia.


***

295 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua